Daging Sapi Sirloin



Potongan Daging sapi jenis Sirloin di Indonesia disebut sebagai Has Luar, adalah daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Atau terletak persis di belakang shortloin (Shortloin dan has luar/striploin adalah potongan daging bagian belakang sapi ), dan di atasnya tenderloin atau has dalam. Potongan shortloin dan has luar dipotong lagi menjadi steak seperti Porterhouse Steak, T-Bone steak, Strip steak.

Dibandingkan dengan bagian has yang lain, Sirloin termasuk jenis potongan daging yang cukup keras. Hal ini disebabkan karena otot-otot yang berada di sekitar daging ini bekerja lebih berat, namun beban pekerjaannya tidak seberat sampil, punuk dan betis depan . Konon khabarnya, nama “Sirloin” berasal dari kata ‘Sir’ dan ‘loin’. ‘Sir’ adalah panggilan untuk laki-laki dalam bahasa inggris, untuk menunjukkan tekstur yang “keras”. Meskipun jenis daging ini termasuk dalam kategori prima, harganya tidak semahal has dalam, dengan rasa yang hampir sama nikmatnya.

Sirloin memiliki ukuran cukup besar apabila dibandingkan dengan bagian daging sapi lainnya yang lebih lembut. Jenis potongan untuk Sirloin untuk tiap-tiap daerah memiliki perbedaan. Sirloin dapat berupa “bottom sirloin” atau “top sirloin”. Ukuran steak Sirloin ini biasanya berada di ukuran diameter 5-10 cm dengan tebal 1,5 sampai 4 cm. Kandungan nutrisi yang terdapat pada Sirloin ukuran 85 gram (3 oz) adalah 220 kalori, 22 gram protein, 12,8 gr lemak.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: